Pelihara hewan cegah obesitas pada anak

obesity

PELIHARA HEWAN CEGAH OBESITAS PADA ANAK

Salah satu keuntungan memiliki anjing sebagai hewan peliharaan adalah karena mereka dikenal setia dengan tuannya. Namun, penelitian terbaru mengungkapkan, memelihara anjing di rumah dapat mengurangi resiko obesitas pada anak-anak.

Menurut Christopher Owen, Epidemiologis dari Universitas St George’s,  bermain di taman dengan anjing dapat meningkatkan level aktivitas anak-anak. Berdasarkan studi terhadap 78 anak di kota utama di Inggris, anak-anak yang memelihara anjing lebih aktif daripada mereka yang tidak.

Peneliti menemukan, anak-anak dalam keluarga yang memiliki anjing lebih banyak ambil bagian dalam aktifitas fisik.  Namun begitu, para peneliti belum yakin apakah keluarga yang lebih aktif cenderung memiliki seekor anjing atau dengan memelihara anjing keluarga sedentari menjadi lebih aktif.

“Ini seperti menjawab pertanyaan mana yang ada lebih dulu, ayam atau telur. Dan memerlukan studi jangka panjang untuk menjawab itu, ” kata Owen.

Aktif bermain

Tujuan dari studi ini adalah mengukur tingkat aktivitas, seperti jumlah langkah berjalan dan waktu yang dihabiskan di siang hari, dan aktivitas fisik yang kuat. Penelitian ini menggunakan sampel lebih dari 2.000 anak berumur 9 hingga 10 tahun.

Hasilnya, peneliti menemukan banyak bukti bahwa setiap akhir pekan keluarga yang memiliki anjing mempunyai tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi. Ini berarti bahwa anak-anak mengajak orang tua ketika berjalan-jalan bersama anjing atau bermain dengan anjing di rumah, daripada bermain di komputer atau menonton televisi.

“Kegiatan ini meningkatkan perbedaan yang signifikan pada kesehatan anak-anak jangka panjang karena mengurangi risiko obesitas atau diabetes. Dan memberikan manfaat pada kesehatan mereka,” kata Owen.

Sumber: http://health.kompas.com